Ini Cara Mencegah Diabetes dengan Tepat dan Sederhana. Langkah-langkah untuk mencegah diabetes memang perlu diketahui dan diterapkan oleh semua orang. Diabetes merupakan penyakit kronis yang ditandai dengan tingginya adar gula darah dalam tubuh seseorang. Dari tahun ke tahun, jumlah penderita diabetes sendiri semakin bertambah. Itulah mengapa langkah pencegahan ini perlu dilakukan.

Diabetes sendiri terbagi menjadi 2 tipe, yakni diabetes tipe 1 dan tipe 2. Pada diabetes tipe 1, produksi insulin dalam tubuh tidak cukup sehingga glukosa yang masuk ke dalam tubuh tidak dapat diolah. Sedangkan diabetes tipe 2 terjadi akibat ketidakmampuan tubuh untuk menggunakan insulin sebagaimana mestinya.

Diabetes bisa terjadi pada siapa saja. Namun, orang dengan kondisi tertentu seperti kelainan genetik, riwayat keluarga menderita diabetes, kelebihan berat badan, dan usia senja memiliki risiko diabetes yang lebih besar. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengetahui dan menerapkan cara mencegah diabetes berikut ini.

Berolahraga secara Rutin

Ini Cara Mencegah Diabetes dengan Tepat dan Sederhana.
Ini Cara Mencegah Diabetes dengan Tepat dan Sederhana.

Melakukan aktivitas olahraga memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Salah satu manfaat yang sangat penting yaitu bisa mencegah Anda terkena diabetes. Olahraga yang dilakukan dengan rutin dapat membantu penggunaan hormon insulin di dalam tubuh dengan lebih efektif. Dengan demikian, kadar gula darah akan tetap dapat dikendalikan.

Anda bisa melakukan jenis olahraga apa pun seperti jogging, berenang, bersepeda, atau yang lainnya. Durasi waktu untuk olahraga pun tak perlu terlalu lama. Cukup sempatkan waktu kurang lebih 30 menit untuk berolahraga secara rutin. Inilah salah satu cara yang efektif dan ampuh untuk mencegah diabetes.

Menjalani Pola Makan yang Sehat

Ini Cara Mencegah Diabetes dengan Tepat dan Sederhana.
Ini Cara Mencegah Diabetes dengan Tepat dan Sederhana.

Dengan menerapkan pola makan yang sehat, risiko seseorang untuk terkena diabetes menjadi lebih kecil. Menjaga pola makan adalah salah satu kunci agar Anda terhindar dari penyakit diabetes. Sebaiknya Anda membatasi diri dari konsumsi makanan yang mempunyai kadar gula tinggi, tinggi lemak, dan tinggi kalori. Misalnya pada olahan kue dan junkfood.

Anda disarankan memperbanyak konsumsi makanan bergizi seperti sayur, buah-buahan, dan kacang-kacangan. Selain itu baik juga konsumsi makanan yang kaya akan serat dan karbohidrat kompleks. Batasi pula minuman yang tinggi gula seperti soda dan jus buah kemasan. Sebagai gantinya perbanyak konsumsi air putih setiap hari.

Menjaga Berat Badan

Ini Cara Mencegah Diabetes dengan Tepat dan Sederhana.
Ini Cara Mencegah Diabetes dengan Tepat dan Sederhana.

Cara mencegah diabetes berikutnya yaitu dengan menjaga berat badan agar tetap ideal. Kelebihan berat badan atau obesitas bisa meningkatkan risiko seseorang terkena penyakit diabetes. Untuk itu, selalu jaga berat badan Anda agar tidak melebihi batas normal berdasarkan kalkulator BMI (Body Mass Index).

Untuk menjaga tubuh tetap ideal, lakukan olahraga secara teratur. Selain itu pola hidup dan pola makan yang sehat juga perlu diterapkan setiap hari. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang serta melakukan kegiatan olah fisik secara aktif dapat menghindarkan Anda dari obesitas. Dengan begitu, risiko diabetes bisa ditekan seminimal mungkin.

Manajemen Stress yang Baik

Setelah menjalani gaya hidup sehat dan menjaga berat badan, Anda juga perlu memperhatikan kondisi psikologis. Ternyata stress yang tidak dikelola dengan baik juga bisa memicu kenaikan gula darah dalam darah. Untuk mencegah diabetes, alangkah baiknya Anda menghindari stress yang memicu pelepasan hormon kortisol. Karena hormon ini bisa menaikkan kadar gula darah.

Selain itu, saat mengalami stress seseorang akan mudah merasa lapar. Sehingga akan mendorong untuk makan lebih banyak. Orang yang stress akan cenderung memilih makanan yang manis-manis seperti cokelat atau es krim. Mengonsumsi makanan yang manis-manis secara berlebihan akan berakibat buruk pada tubuh, salah satunya memicu diabetes.

Mengecek Gula Darah secara Rutin

Sebagai langah untuk mencegah diabetes, tak ada salahnya Anda melakukan pengecekan kadar gula darah secara rutin ke dokter. Bagi Anda yang tidak mempunyai risiko tinggi diabetes, pengecekan gula darah mungkin tidak perlu sering dilakukan. Cukup satu tahun sekali memeriksakan kadar gula dalam darah sudah dirasa cukup.

Tetapi bagi Anda yang berisiko tinggi terkena diabetes, pengecekan gula darah sebaiknya dilakukan secara rutin. Orang dengan faktor risiko tinggi antara lain memiliki riwayat stroke dan penyakit jantung, obesitas, atau memiliki anggota keluarga penderita diabetes. Pahami kondisi Anda dengan baik agar dapat melakukan upaya pencegahan secara maksimal.

Penyakit diabetes sebenarnya bisa dicegah dengan menjalankan pola hidup yang sehat. Hindari kebiasaan-kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol. Istirahat dengan cukup juga bisa membantu tubuh tetap fit dan bugar. Hal ini bisa dilakukan secara mudah selama Anda melakukan upaya mencegah diabetes ini dengan teratur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *