Ini Dia Bahaya Obesitas yang Harus Dihindari Mulai Sekarang. Dibalik kelebihan berat badan terdapat bahaya obesitas yang mengintai setiap saat. Jumlah orang yang mengalami obesitas alias berat badan berlebih sekarang ini semakin banyak. Ada anggapan bahwa berat badan berlebih bukanlah suatu masalah selama merasa sehat. Kenyataannya obesitas dapat memberikan pengaruh buruk pada kesehatan seseorang.

Obesitas bisa disebabkan oleh banyak hal, terutama pola hidup yang tidak sehat. Misalnya tidak menjalankan olahraga secara rutin, makan makanan yang tidak sehat, atau jarang melakukan aktivitas fisik yang ringan. Penyebab lain obesitas yaitu stress berkepanjangan, poker uang asli, konsumsi obat-obatan atau bahkan kurang tidur.

Makanan tidak sehat seperti makanan cepat saji (junkfood) atau makanan dengan kadar gula tinggi menjadi penyebab umum terjadinya obesitas. Jika tidak ingin kesehatan Anda terganggu, sebaiknya upayakan agar berat badan Anda tetap ideal. Karena bahaya obesitas bagi tubuh dapat menimpa setiap orang tanpa pandang bulu. Berikut adalah dampak buruk obesitas.

Risiko Terkena Penyakit Diabetes

Ini Dia Bahaya Obesitas yang Harus Dihindari Mulai Sekarang
Ini Dia Bahaya Obesitas yang Harus Dihindari Mulai Sekarang

Seseorang dengan berat badan berlebih lebih rentan terkena diabetes dibanding orang yang memiliki berat badan ideal. Hal ini dikarenakan orang yang mengalami obesitas membutuhkan insulin yang lebih banyak. Sehingga pankreas sebagai penghasil insulin akan dipaksa bekerja lebih keras. Selain itu juga terdapat risiko kerusakan insulin dalam tubuh.

Insulin dalam tubuh juga tidak bisa bekerja maksimal akibat kadar lemak darah yang tinggi. Sehingga fungsi insulin untuk membantu sel tubuh dalam penyerapan glukosa terganggu. Sejumlah penelitian menyatakan bahwa hampir 90% kasus diabetes mellitus tipe 2 diderita oleh orang dengan kelebihan berat badan. Inilah bahaya obesitas yang patut diwaspadai.

Menyebabkan Tekanan Darah Tinggi

Ini Dia Bahaya Obesitas yang Harus Dihindari Mulai Sekarang
Ini Dia Bahaya Obesitas yang Harus Dihindari Mulai Sekarang

Orang yang memiliki risiko lebih besar untuk terkena hipertensi atau tekanan darah tinggi adalah yang memiliki obesitas. Risiko hipertensi disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kenaikan berat badan. Pada orang yang kegemukan, jantung bekerja lebih keras untuk memompa darah ke seluruh tubuh. Berat badan yang kian bertambah akan membuat jantung bekerja semakin keras pula.

Pertambahan berat badan yang berlebih bisa menyebabkan tekanan darah naik. Sebaliknya, penurunan berat badan bisa membuat tekanan darah juga menurun. Untuk mengendalikan tekanan darah agar kembali normal, salah satu upayanya yaitu dengan menjaga berat tubuh tetap ideal. Karena bahaya obesitas juga merupakan penyebab untuk penyakit berbahaya lainnya.

Berisiko Terkena Penyakit Jantung

Ini Dia Bahaya Obesitas yang Harus Dihindari Mulai Sekarang
Ini Dia Bahaya Obesitas yang Harus Dihindari Mulai Sekarang

Obesitas adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung. Saat ini, penyakit jantung termasuk salah satu penyakit paling berbahaya di dunia dengan angka kematian yang terbilang tinggi. Untuk itu, jika Anda memiliki berat badan yang berlebih sebaiknya kendalikan kenaikan berat badan agar terhindar dari risiko terkena penyakit jantung.

Pada obesitas, organ jantung dipaksa bekerja lebih keras. Tekanan darah tinggi, kadar kolesterol tinggi, dan gula darah tinggi pada orang kegemukan menyebabkan jantung bekerja lebih berat daripada semestinya. Jika hal ini berlangsung lama dan tidak segera diatasi, maka dikhawatirkan akan terjadi kegagalan fungsi jantung. Bahaya obesitas memang harus dicegah sedini mungkin.

Mengalami Stroke

Stroke adalah suatu kondisi dimana pasokan atau aliran darah ke otak mengalami gangguan atau bahkan terhenti sama sekali. Hal ini sangat berbahaya karena bisa mematikan sel-sel otak. Obesitas adalah salah satu faktor risiko pada serangan stroke. Untuk itu, bagi Anda yang mengalami obesitas sebaiknya mewaspadai kondisi tersebut mulai saat ini.

Salah satu bahaya obesitas yang banyak ditakuti adalah terkena serangan stroke. Kadar lemak yang tinggi dalam tubuh dapat menghambat aliran darah ke otak. Padahal setiap sel-sel syaraf dalam otak memiliki fungsi yang sangat penting bagi tubuh. Misalnya untuk mengkoordinasikan setiap gerakan tubuh dan menjaga keseimbangan.

Tekanan darah tinggi pada obesitas bisa berakibat pada pecahnya pembuluh darah. Hal ini dapat memicu pembentukan gumpalan darah yang bisa menghambat aliran darah ke sel-sel otak. Inilah yang menjadi pemicu stroke pada seseorang. Untuk itulah orang obesitas sangat dianjurkan menurunkan berat badan.

Obesitas adalah faktor risiko beberapa penyakit kronis. Misalnya hipertensi, diabetes, jantung, stroke, dan penyakit berbahaya lainnya. Untuk menghindari obesitas, Anda sebaiknya menjalani pola makan yang sehat, rajin berolahraga, dan tidak malas bergerak. Sehingga bahaya obesitas dapat dihindari sedari dini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *