Ketahui Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya. Gusi berdarah mungkin menjadi salah satu masalah kesehatan yang sering Anda alami. Kesehatan gusi bisa memberikan pengaruh terhadap kesehatan mulut secara umum. Pendarahan pada gusi bisa menjadi tanda ada permasalahan pada kesehatan gusi dan mulut. Bahkan gusi yang berdarah bisa menjadi tanda ada permasalahan yang lebih serius.

Menyikat gigi terlalu keras bisa menjadi salah satu penyebab pendarahan pada gusi. Meski tampak sepele, nyatanya gusi yang berdarah menjadi permasalahan bagi banyak orang. Kondisi ini tentunya dapat membuat seseorang merasa tidak nyaman saat makan atau berkomunikasi dengan orang lain. Oleh sebab itu, pendarahan pada gusi sangat perlu dihindari.

Selain cara menyikat gigi salah, kesehatan mulut yang tidak diperhatikan dengan baik juga bisa menyebabkan gusi terluka. Jarang menyikat gigi dapat menyebabkan penumpukan plak sehingga gusi akan lebih rawan berdarah. Namun, ada beberapa penyebab gusi berdarah lainnya yang patut Anda ketahui agar bisa mengurangi hal ini jika Anda mengalaminya.

Faktor Penyebab Gusi sering Berdarah

Ketahui Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya.
Ketahui Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya.

 

Ada berbagai faktor yang bisa menyebabkan gusi Anda mengalami pendarahan. Berikut ini adalah beberapa penyebab yang harus dihindari agar Anda tidak mengalami permasalahan yang satu ini. Dengan mengetahui penyebabnya, Anda bisa menghindari hal tersebut supaya tidak mengalami permasalahan dalam mulut ini.

  1. Peradangan pada gusi

Salah satu yang menyebabkan gusi jadi mudah terluka adalah adanya peradangan pada gusi. Radang gusi sendiri disebabkan akibat penumpukan plak pada garis gusi. Plak yang menumpuk ini bisa menyebabkan gusi jadi senditif. Sehingga jika terjadi gesekan pada gusi akan lebih mudah terjadi gusi berdarah.

  1. Periodontitis

Pengertian periodontitis yaitu kerusakan pada jaringan lunak dan tulang penyokong gigi akibat infeksi pada gusi. Radang gigi jika tidak segera diatasi akan meningkatkan risiko terkena periodontitis. Gejala awal pada gangguan ini adalah gusi yang mengalami pendarahan. Selain itu, periodontitis juga bisa menyebabkan masalah lain seperti bau mulut dan perubahan struktur gigi.

  1. Kekurangan vitamin C dan vitamin K

Vitamin C dapat membantu mempercepat penyembuhan luka dan memperkuat tulang dan gigi. Sedangkan vitamin K mempunyai peran yang cukup penting dalam pembekuan darah. Jika kita kekurangan vitamin C dan vitamin K, risiko mengalami gusi berdarah akan lebih tinggi. Untuk itu, kita perlu menambah asupan makanan yang tinggi vitamin C dan K.

  1. Leukimia
Ketahui Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya.
Ketahui Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya.

Penderita leukemia juga bisa sering mengalami pendarahan pada gusi. Hal ini disebabkan karena jumlah trombosit yang di bawah jumlah normal. Sedangkan trombosit berfungsi untuk membantu menghentikan terjadinya pendarahan. Penderita leukemia cenderung mudah mengalami pendarahan di gusi dan bagian tubuh lainnya.

Cara Mengatasi Gusi sering Berdarah

Ketahui Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya.
Ketahui Penyebab Gusi Berdarah dan Cara Mengatasinya.

Untuk mencegah terjadinya pendarahan pada gusi, kita bisa melakukan beberapa cara. Pertama, sebaiknya kita memilih sikat gigi dengan bulu yang lembut. Cara menyikat gigi pun harus dengan hati-hati. Hal ini untuk menghindari terjadinya gesekan dengan gusi yang bisa berakibat gusi berdarah. Kita juga bisa menggunakan dental floss jika ingin mengurangi plak gigi yang menumpuk.

Penggunaan obat kumur juga bisa mencegah gusi sering berdarah. Obat kumur berfungsi untuk membunuh bakteri dalam mulut. Sehingga gusi kita terhindar dari kuman yang menyebabkan infeksi gusi. Konsumsi makanan sehat yang mengandung banyak vitamin C dan vitamin K juga penting. Sebagai contoh, kita bisa mengonsumsi jeruk, tomat, keju, dan sayuran hijau.

Untuk menghindari gusi berdarah, sebaiknya anda juga menghindari konsumsi makanan dan minuman yang terlalu dingin atau terlalu panas. Anda dianjurkan untuk memenuhi kebutuhan air minum minimal 8 gelas setiap hari. Selain baik untuk tubuh dan situs judi online, air putih juga bisa membantu membersihkan sisa makanan pada gigi.

Pemeriksaan gigi dan gusi secara teratur juga perlu dilakukan. Periksakan kondisi kesehatan gigi dan mulut ke dokter gigi setidaknya 6 bulan sekali. Jika ada permasalahan pada mulut tentunya akan segera teratasi. Dengan begitu kebersihan dan kesehatan mulut lebih terjaga dan terhindar dari pendarahan gusi.

Menjaga kesehatan gusi memang sangat penting. Karena permasalahan pada gusi dapat berdampak buruk bagi kesehatan seseorang. Dengan rajin membersihkan gigi dan mulut, anda bisa terhindar dari gangguan pada gigi dan gusi. Dengan demikian, kesehatan mulut akan tetap terjaga dan terhindar dari permasalahan gusi berdarah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *